Pages

Senin, 03 Maret 2014

Perbedaan Tes dan Non Tes

Tes:
1.    Mengukur kemampuan kognitif selain itu juga mencakup aspek afektif dan psikomotorik.
2.    Kuantitatif
3.    Kebenaran jawabannya bersifat mutlak karena hanya ada satu jawaban yang dibenarkan.

Non tes:
1.    Mengukur kemampuan afektif dan psikomotor.
2.    Kualitatif.
3.    Kebenaran jawabannya bersifat relatif karena akan terdapat beberapa variasi kebenaran dari  jawaban (kemungkinan jawaban bergantung pada testee).

Klasifikasi Tes
1.    Berdasarkan fungsinya
a.   Tes seleksi. Misalnya: SNMPTN
Tes ini berfungsi sebagai penyeleksi

b.    Tes awal/Pre-test
Tes ini berfungsi untuk mengetahui kemampuan awal siswa sejauh mana materi prasyarat dan materi yang akan diajarkan dikuasai. Selain itu, tes ini juga digunakan untuk menguji kehomogenan dua atau lebih kelas/grup.

c.    Tes Akhir/Post-test
Tes akhir adalah tes yang dilaksanakan di akhir pembelajaran untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang telah diajarkan.

d.    Tes Diagnostik
Tes diagnostik adalah tes yang dilaksanakan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa.

e.    Tes Formatif
Tes formatif adalah tes yang dilaksanakan pada akhir suatu program pembelajaran dalam kurun waktu tertentu. Misalnya: ulangan harian

f.    Tes Sumatif
Tes sumatif adalah tes yang dilaksanakan setelah sebuah program pembelajaran selesai dalam jangka waktu tertentu. Misalnya: UN dan UAS.

2.    Berdasarkan Respon yang Diharapkan
a.    Tes Verbal
b.    Tes Non-verbal

3.    Berdasarkan Bentuk Pertanyaan yang Diberikan
a.    Tes Objektif
       Contoh: Tes pilihan ganda, tes menjodohkan, tes benar salah, dan tes jawaban singkat.
b.    Tes Subjektif
       Contoh: Tes uraian

Contoh Non tes
1.    Wawancara
2.    Observasi
3.    Kuesioner/Angket
    Dalam sebuah angket biasanya digunakan penskalaan.Skala terdiri atas, skala likert, skala semantik diferensial, dan skala Gutzman.
4.    Seleksi berkas
5.    Daftar riwayat hidup
6.    Portofolio
       Portofolio adalah laporan lengkap tentang kegiatan yang dilakukan siswa dalam waktu tertentu.
7.    Proyek
   Penilaian merupakan penilaian yang mencakup perencanaan, penyelidikan analisis proyek/kegiatan.
8.    FGD (Focus Group Discussion)
      FGD merupakan teknik pengambilan data melalui hasil diskusi kelompok yamg terdiri dari 5-8 orang yang umumnya dipandu/dipimpin oleh pengumpul data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About