Pages

Rabu, 12 Maret 2014

Reliabilitas

Pengertian Reliabilitas
Kata reliabillitas dalam bahasa Indonesia di ambil dari reliability dalam bahasa inggris, berasal dari kata, reliable yang artinya dapat di percaya. “reliabilitas” merupakan kata benda, sedangkan “reliable” merupakan kata sifat atau keadaan.
Reliabilitas merupakan penerjemahan dari kata reliability yang mempunyai asal kata rely dan ability. Pengukuran yang memiliki reliabilitas tinggi disebut sebagai pengukuran yang reliabel (reliable).Walaupun reliabilitas mempunyai berbagai arti seperti kepercayaan, keterandalan, keajegan, kestabilan dan konsistensi, namun ide pokok yang terkandung dalam konsep reliabilitas adalah sejauh mana hasil pengukuran dapat dipercaya.
Dari beberapa pengertian di atas jadi reliabilitas tes marupakan suatu alat ukur yang digunakan untuk mengetahui konsistensi pengukuran tes yang hasilnya menunjukan keajegan.Seorang dikatakan dapat di percaya apabila orang tersebut berbicara ajeg, tidak berubah-ubah pembicaraannya dari waktu ke waktu.Dalam sebuah tes pentingnya diamati keajegan dan kepastian tes tersebut dilihat dari hasil tes yang didapat.

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Reliabilitas
1.    Jumlah butir soal
Banyaknya soal pada suatu instrumen ikut mempengaruhi derajat reliabilitasnya. Semakin banyaknya soal-soal maka tes yang bersangkutan cenderung semakin menjadi reliabel.
2.    Homogenitas Soal Tes
Soal yang memiliki homogenitas tinggi cenderung mengarah pada tingginya tingkat realibilitas. Dua buah tes yang sama jumlah butir-butirnya akan tetapi berbeda isinya, misalnya yang satu mengukur tentang pengetahuan kebahasaan dan yang satunya tentang kemampuan fisika akan menghasilkan tingkat reliabilitas yang berbeda. Tes fisikan cenderung menghasilkan tingkat reliabilitas yang lebih tinggi daripada tes kebahasaan karena dari segi isi kemampuan menyelesaikan soal fisika lebih homogen  daripada pengetahuan kebahasaan.
3.    Waktu Yang diperlukan untuk menyelesaikan Tes
Semakin terbatasnya waktu dalam pengerjaan tes maka akan  mendorong  tes untuk memiliki reliabilitas yang tinggi.
4.    Keseragaman Kondisi Pada Saat Tes Diberikan
Kondisi pelaksanaan tes yang semakin seraga akan memunculkan reliabilitas yang makin tinggi.
5.    Kecocokan Tingkat Kesukaran Terhadap Peserta Tes
Bahwa soal-soal dengan tingkat kesukaran sedang cenderung lebih reliabel dibandingkan dengan soal-soal yang sangat sukar atau sangat mudah.
6.    Heterogenitas Kelompok
Semakin heterogen suatu kelompok dalam pengerjaan suatu tes maka tes tersebut cenderung untuk menunjukkan tingkat reliabilitas yang tinggi.
7.    Motivasi Individu
Motivasi masing-masing individu dalam  mengerjakan suatu instrumen akan mampu mempengaruhi realibilitas. Perbedaan motiviasi antar   individu dalam kelompok akan menimbulkan kesalahan acak pada pengukurannya karena individu yang tidak memiliki motivasi tidak akan mengerjakan instrumen tersebut dengan sungguh-sungguh sehingga jawaban yang diberikan tidak akan mencerminkan kenyataan yang sebenarnya.

Macam-Macam Cara Mengetahui Tingkat Reliabilitas
1.    Metode Tes Ulang
Metode tes ulang adalah penggunaan tes yang sama dua kali pada sejumlah peserta tes yang sama.
2.    Metode Setara
Metode setara adalah  dua tes setara yang mampu menghasilkan skor yang sama atau setara pula bagi kelompok peserta tes yang sama tanpa mengulang penggunaan tes yang sama.
Rumus yang dipakai untuk menghitung tingkat reliabilitas suatu  instrumen dengan metode tes ulang atau metode setara adalah rumus Pearson product moment dengan syarat skor yang diperoleh adalah berbentuk data interval. Apabila data yang diperoleh adalah data iordinal maka rumus yang dipakai adalah Spearman rank-order.

Teknik Pengujian Reliabilitas Tes Hasil Belajar Bentuk Obyektif
1.    Single Test – Single Thrial Method.
2.    Pendekatan Single Test – Single Thrial dengan menngunakan Formuula Spearman-Brown Model Belahan Kiri dan Kanan.
3.    Pengujian reliabilitas tes hasil belajar bentuk obyektif dengan menngunakan pendekatanm Alternate Form (Double tesrt-Double Trial).
4.    Metode tes ulang (test- retest method).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About